Senin, 30 Juni 2008

Villa Berhak Atas Sepatu Emas

2008-06-30 04:18:59
Tidak tampil di partai final menjadi kekecewaan tersendiri bagi David Villa. Kenyataan itu membuat striker Valencia itu tidak bisa membantu Spanyol dalam meraih gelar juara untuk pertama kalinya sejak 1964 menghadapi Jerman di Ersnt Happel Stadion, Minggu (29/06) atau Senin dinihari-WIB.
Selain dari pada itu jumlah raihan golnya juga masih mungkin terkejar oleh para pesaingnya. Tapi pada kenyataan Villa bisa berlega hati. Meski absen akibat cedera paha selepas melakukan tendangan bebas ketika menghadapi Rusia di babak semifinal, Spanyol mampu menjaga konsistensi permainan dan juga mental bertanding.
Spanyol menjungkalkan Jerman dengan skor tipis 1-0 lewat gol Fernando Torres. Villa bisa bernafas lega karena Torres bukan pesaing yang mengintai dengan jumlah gol yang tipis. Empat gol yang dilesakkan sudah cukup mengantar Villa dengan gelar “sepatu emas” di Euro 2008. Dua gawang saja yang menjadi korban Villa. Pertama, hat-trick ke gawang Rusia di pertandingan perdana Grup D pada Selasa, 10 Juni, dan satu gol ke gawang Swedia selang empat hari kemudian.
Hat-trick Villa merupakan raihan pertama sejak Euro 2000 yang dibukukan striker Belanda, Patrick Kluivert ke gawang Yugoslavia di babak perempat final. Villa menjadi pemain ketujuh yang mencetak hat-trick di putaran final.
Pesaing terdekatnya yang memiliki peluang terbesar menyamai atau melampaui raihannya yakni Lukas Podolski yang mengemas tiga gol. Torres dengan satu gol tambahan hanya mampu total menjebol gawang dua kali. Raihan yang sama dicatat kompatriot mereka, Daniel Guiza. Di kubu Jerman perolehan dua gol dibukukan Michael Ballack, Bastian Schweinsteiger dan Miroslav Klose.
Jumlah gol Villa lebih sedikit satu gol dibanding raihan tiga turnamen sebelumnya. Alan Shearer (Inggris) di Euro 1996, Patrick Kluivert (Belanda) dan Savo Milosevic (Yugoslavia) di Euro 2000, serta Milan Baros (Republik Ceska) di Euro 2004. Tapi lebih baik dibanding Euro 1992 dimana gelar top skorer dikuasai oleh Dennis Bergkamp (Belanda), Thomas Brolin (Swedia), Henrik Larsen (Denmark) dan Karl-Heinze Riedle (Jerman) yang sama-sama mengemas tiga gol.
Top Skorer Euro 2008:
David Villa--Spanyol (4)
Roman Pavlyuchenko--Russia (3)
Lukas Podolski--Jerman (3)
Hakan Yakin--Swiss (3)
Semih Şentürk--Turki (3)
Andrei Arshavin--Rusia (2)
Michael Ballack--Jerman (2)
Miroslav Klose--Jerman (2)
Bastian Schweinsteiger--Jerman (2)
Daniel Güiza--Spanyol (2)
Fernando Torres--Spanyol (2)
Zlatan Ibrahimović--Swedia (2)
Ivan Klasnić--Kroasia (2)
Nihat Kahveci--Turki (2)
Arda Turan--Turki (2)
Wesley Sneijder--Belanda (2)
Ruud van Nistelrooy--Belanda (2)
Robin van Persie--Belanda (2)

Tidak ada komentar: