Sabtu, 21 Juni 2008

EURO 2008


2008-06-20 03:40:39
Gilas Portugal, Der Panzer ke Semifinal

Kesempatan Jerman menguasai Piala Eropa untuk keempat kalinya semakin terbuka. Tampil kurang mengesankan di putaran pertama, Jerman menunjukkan kelasnya sebagai Tim Diesel di babak perempat final yang dimainkan, Kamis (19/06) atau Jumat dinihari (WIB). Bermain brilian, Der Panzer menggilas Portugal 3-2 (2-1).

Kemenangan itu memutar balikkan anggapan yang lebih banyak memfavoritkan Portugal. Hasil tersebut membuat Jerman berhak sebagai tim pertama yang sudah memastikan satu dari empat kontestan di babak berikutnya. Sebaliknya, hasil tersebut akan sangat memukul Portugal, khususnya pelatih Luiz Felipe Scolari yang selanjutnya manangani Chelsea.

Kick-off babak pertama dimulai wasit Peter Fjordfeldt tempo permainan berlangsung cepat. Jerman yang kurang diunggulkan justru lebih banyak menguasai bola. Tembakan ke gawang pertama untuk Jerman dari kaki Thomas Hitzlsperger menerpa jala samping. Namun, ancaman pertama dicatat Portugal lima menit kemudian melalui tendangan Simao Sabrosa yang pas di pelukan Jens Lehmann.

Portugal membuang peluang bagus menit ke-20. Sentuhan Joao Moutinho yang menggunakan paha melambung di atas gawang. Jerman membalas lewat gol pembuka di menit ke-22 dari kerjasama cantik Michael Ballack, Lukas Podolski dan Bastian Schweinsteiger. Umpan silang Podolski disambut Schweinsteiger yang masuk dari lini kedua terlepas dari pengawalan Ferreira.

Belum hilang keterkejutan Deco dkk, empat menit kemudian Jerman menggandakan keunggulan melalui tandukan Miroslav Klose. Tanpa pengawalan berarti, Klose menyempurnakan tendangan bebas Schweinsteiger. Portugal tersentak dan menaikkan tempo permainan.

Tekanan Portugal akhirnya membuahkan hasil. Dari sebuah serangan balik cepat, Nuno Gomes dengan jeli memanfaatkan bola muntah hasil tepisan Lehmann yang menghadang tendangan Ronaldo. Skor berubah jadi 1-2. Portugal lebih percaya diri dan di masa waktu tambahan upaya Ballack dimentahkan Ricardo. Serta dibalas gebrakan Ronaldo yang dilanjutkan tendangan melebar ke tiang jauh.

Babak kedua dimulai Portugal mengambil kendali serangan. Jerman lebih berkonsentrasi merapatkan pertahanan. Pepe yang memperoleh peluang di menit ke-57 tidak berhasil mengarahkan sundulannya tepat ke sasaran. Tiga menit kemudian Jerman sekali lagi memanfaatkan keunggulan bola-bola atas. Dari tendangan bebas Schweinsteiger, Ballack tidak membuang kesempatan. Bola melesak untuk ketiga kalinya di gawang Jerman lewat sundulan.

Portugal yang belum menyerah hanya mampu melesakkan satu gol melalui penyerang pengganti Helder Postiga, tiga menit sebelum bubaran yang memanfaatkan umpan silang Nani. Ronaldo dkk terus berusaha memburu gol penyeimbang namun sampai pertandingan usai kekalahan tidak bisa dihindari Portugal.

Susunan pemain:
Portugal: 1-Ricardo; 4-Jose Bosingwa, 15-Pepe (kk), 16-Ricardo Carvalho, 2-Paulo Ferreira; 10-Joao Moutinho (6-raul Meireles 31), 8-Petit (23-Helder Postiga 73 (kk)); 7-Cristiano Ronaldo, 20-Deco, 11-Simao Sabrosa; 21-Nuno Gomes (19-Nani 67).
Jerman: 1-Jens Lehmann; 3-Arne Friedrich (kk), 17-Per Mertesacker, 21-Christoph Metzelder, 16-Philipp Lahm (kk); 7-Bastian Schweinsteiger (4-Clemens Fritz 83), 6-Simon Rolfes, 13-Michael Ballack, 15-Thomas Hitzlsperger (18-Tim Borowski 73); 20-Lukas Podolski, 11-Miroslav Klose (2-Marcell Jansen 89).Wasit: Peter Fjordfeldt (Swedia)

Tidak ada komentar: