Rabu, 25 Juni 2008

Jumat, Nasib Donadoni Diputuskan

2008-06-24 09:25:21
Beberapa hari sebelum digelarnya putaran final Euro 2008 Roberto Donadoni menandatangani perpanjangan kontrak. Singkatnya, masa depan Donadoni dalam menduduki kursi pelatih Timnas Italia akhirnya diperpanjang sampai 2010. Tapi bukan berarti Donadoni tanpa target di Austria-Swiss.


Dalam kontrak barunya diyakini terdapat sebuah klausul yang bisa melegalkan Federasi Sepakbola Italia (FIGC) untuk mengambil tindakan tegas terhadap Donadoni. Dalam hal ini, kegagalan Italia mencapai paling tidak babak semifinal di Euro 2008, akan menyebabkan Donadoni kehilangan jabatan.


Seperti dilaporkan kantor berita Italia, ANSA, Presiden FIGC, Giancarlo Abete menjadwalkan pertemuan dengan Donadoni pada hari Jumat, 27 Juni, atau dua hari sebelum laga final Euro 2008 yang dimainkan di Ernst Happel Stadion, Wina, Austria. Dalam pertemuan itulah jabatan Donadoni dipertaruhkan.


Abete dan Donadoni tidak bertemu empat mata saja. Abete juga memanggil Presiden Lega Calcio, otoritas liga profesional Serie A dan B, Antonio Matarrese, Direktur Teknik FIGC, Demetrio Albertini dan manajer timnas, Gigi Riva. Klausul Donadoni akan mengundurkan diri 10 hari pascakegagalan Gigi Buffon dkk mencapai babak semifinal akan diungkit. Menurut ANSA, Donadoni sepertinya kan mengalah atas permintaan Abete untuk mengundurkan diri.


Donadoni yang sebelumnya menukangi Livorno sejatinya ingin tetap bertahan di kursi panas meski hujatan ramai menerpa dirinya begitu Italia takluk adu penalti dari Spanyol, Senin dinihari (WIB) lalu. Ia merasa masih cakap untuk membawa Italia mempertahankan trofi paling bergengsi dalam turnamen sepakbola terakbar dua tahun mendatang di Afrika Selatan. Tapi dihadapannya tidak ada pilihan dan dukungan yang kuat untuk bertahan.


Abete akan mengeluarkan keputusan resmi setelah pertemuan terhadap Donadoni. FIGC akan berkorban dengan merogoh kocek sedalam 550 ribu euro atau Rp 7,9 miliar jika memang keputusan yang dihasilan menyatakan Donadoni tidak lagi sosok yang pas mengarsiteki La Nazionale--sebutan buat Timnas Italia.


Italia di bawah asuhan Donadoni tampil tidak meyakinkan di Euro 2008. Mereka dipukul telak Belanda 0-3, bermain imbang 1-1 dengan Rumania dan barulah memetik kemenangan 2-0 atas Prancis yang bermain dengan 10 pemain di partai ketiga Grup C. Melaju ke perempat final Italia disingkirkan Spanyol. Donadoni terkesan tidak percaya diri dan tidak memilik pakem yang jelas. Paling tidak tiga formasi berbeda diterapkan dari empat pertandingan. Publik Italia berharap banyak posisi Donadoni dikembalikan pada Marcello Lippi yang sukses mengantar Italia jadi jawara dunia untuk keempat kalinya dua tahun lalu di Jerman.

Tidak ada komentar: