Rabu, 25 Juni 2008

Donadoni Tak Butuh Pesangon

2008-06-25 18:40:47
Beberapa hari sebelum putaran final Euro 2008 di Austria-Swiss dimulai, Roberto Donadoni menandatangani perpanjangan kontraknya bersama Timnas Italia. Sejatinya, durasi kontrak mantan pelatih Livorno itu bakal berakhir seusai Euro 2008 berlangsung. Dalam kontrak barunya itu, Donadoni diberi kesempatan oleh Federasi Sepakbola Italia (FIGC) untuk menangani Gli Azzurri sampai berakhirnya putaran final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.
Namun, menurut media massa Italia, terselip klausul khusus dalam kontrak baru yang diteken Donadoni. Intinya, dalam klausul tersebut FIGC dapat memutus kontrak Donadoni di tengah jalan apabila Fabio Cannavaro dkk gagal menunjukkan prestasinya di Euro. Batasannya, Donadoni “divonis’ harus mampu mengantarkan Italia menembus empat besar Eropa alias babak semifinal. Jika tidak, ya itu tadi, Donadoni bakal mendapat surat pemutusan hubungan kerja.
Karena itulah, seiring dengan kegagalan Italia di tangan Spanyol dalam duel adu penalti di babak perempat final Euro 2008 yang berlangsung di Ernst Happel Stadium, Wina, Austria, Minggu, 22 Juni, lalu, nasib Donadoni sebagai allenatore timnas pun kencang dipertanyakan. Bahkan, media massa ternama di Inggris, BBC, berani mengklaim FIGC telah mencopot Donadoni dari jabatannya, Selasa, 24 Juni, kemarin.
Tak lama berselang, FIGC, seperti yang dilansir Channel4, merilis pernyataan resmi yang pada pokoknya menegaskan jika sampai saat ini FIGC belum mengambil keputusan apapun terkait soal Donadoni. “Kami bakal membuat keputusan dalam beberapa hari ke muka,” demikian statement resmi FIGC menyikapi isu diadakannya pertemuan empat mata antara Donadoni dengan Presiden FIGC, Giancarlo Abete.
Yang menarik, timbul spekulasi bahwasanya FIGC telah menyodorkan dana kompensasi atau pesangon kepada mantan pelatih Livorno tersebut. Besarnya dana yang ditawarkan mencapai 450 ribu pound atau sekitar Rp 8,2 miliar. Donadoni mengaku tak membutuhkan uang seperti itu.
“Saya menolak hal tersebut (kompensasi) seperti yang diinginkan Abate di hari ketika saya meneken kontrak. Saya tidak peduli dengan soal finansial (duit). Andaikata ia (Abate) tidak lagi menginginkan saya (menanganti timnas), dengan sukarela saya akan meletakkan jabatan saya,” tegas Donadoni seperti yang dikutip Channel4.
Spekulasi yang beredar, Donadoni bakal diminta mundur di hari Jumat. Di awal pekan depan, Senin atau Selasa, FIGC akan kembali menunjuk Marcello Lippi sebagai pelatih Gli Azzurri.

Tidak ada komentar: