Kamis, 05 Juni 2008

Jelang Euro 2008

2008-06-05 00:33:13
Europass Diterpa Kritik


Perhelatan akbar sepakbola di Eropa akan dimulai dalam beberapa hari ke depan. Selama 7-30 Juni mata pecinta sepakbola tersita ke Austria-Swiss. Si kulit bundar berperan sangat besar dan itu dimainkan oleh Europass yang menjadi bola resmi Euro 2008.

Belum memulai tugasnya, Europass sudah menuai tanggapan. Dari penjaga gawang, bola yang diproduksi oleh brand Adidas itu mendapat kritik. Kiper veteran Timnas Jerman, Jens Lehmann mengatakan Europass akan menjadi batu sandungan bagi setiap koleganya di 15 tim lainnya.

“Kita akan lihat lebih banyak gol yang bersarang dibanding penggunaan bola lainnya—selain Europass,” kata Lehmann seperti apa yang dilansir Reuters. “Anda harus ekstra berani untuk keluar menangkap atau memotong bola. Pergerakan Europass sangat cepat”.

Lehmann akan memulai tugasnya menjaga gawang Jerman dalam pertandingan Grup B menghadapi Polandia di Klagenfurt, Minggu, 8 Juni. Apa yang dikatakan Lehmann hanya sebuah perwakilan dari sebagaian besar komplain kiper dengan apa yang diakibatkan efek dari pergerakan Europass.

Lehmann dikenal terbuka dalam mengajukan komplain terhadap bola yang digunakan dalam sebuah turnamen. Dua tahun lalu, Lehmann mengkritik Teamgeist—bola resmi Piala Dunia 2006—yang dianggap tidak stabil bergerak di udara dan terlalu licin untuk ditangkap.

Sebelum perhelatan sebuah turnamen besar, perihal komplain kiper terhadap bola baru yang digunakan, menjadi hal lumrah. Adidas sendiri mengklaim Europass merupakan bola dengan desain terbaru dan terselubungi lapisan mutakhir yang menciptakan arah bola lebih melenceng.

Kiper cadangan Italia, Marco Amelia sebelumnya juga menyuarakan komplain terhadap Europass. “Arah Europass sulit diprediksi. Lebih sulit untuk menyetop bola, laboh baik kiper menepis atau meninjunya,” ujar Amelia kepada harian berbahasa Italia, La Republicca.

Tidak ada komentar: