Rabu, 04 Juni 2008

Jelang Euro 2008

2008-06-03 15:30:07
Vieira Absen di Partai Perdana


Salah satu tim favorit atau unggulan di pergelaran putaran final Euro 2008, Prancis, dipastikan bakal tampil tanpa kapten tim Patrick Vieira di pertandingan pembuka babak penyisihan Grup C melawan Rumania di Stadion Letzigrund, Zurich, Swiss, Senin, 9 Juni 2008 mendatang.

Vieira mengalami cedera otot di paha kaki kirinya. Ada kemungkinan, Vieira bakal mengikuti jejak pemain senior lainnya, kapten utama Timnas Italia, Fabio Cannavaro, yang divonis absen dari turnamen. Jadi tidaknya partisipasi Vieira di Austria-Swiss bakal ditentukan pelatih Les Bleus, Raymond Domenech, sehari sebelum laga perdana digelar.

Domenech mengakui absennya gelandang Inter Milan tersebut merupakan skenario terburuk bagi Prancis mengingat kualitas dan pengalaman Vieira yang sangat vital artinya bagi tim. Ketika disinggung tentang kepastian nasib Vieira, Domenech mengaku tidak tahu.

“Tidak ada seorang pun yang bisa memastikan kondisinya. Kami akan berbuat semaksimal mungkin dan menyediakan waktu sepanjang mungkin agar kondisi Patrick (Vieira) dapat membaik pada 8 Juni mendatang. Yang bisa kami pastikan, ia terpaksa absen saat laga menghadapi Rumania,” tegas Domenech seperti yang dikutip Goal.

Domenech berharap absennya Vieira bukan jadi pertanda bahwa Les Bleus bakal terlempar lebih awal di Euro 2008. Domenech sadar betul kegagalan Prancis di ajang Piala Dunia 2002 di Jepang-Korea Selatan, tersingkir di babak penyisihan grup, lebih banyak disebabkan kurang siapnya mental Marcel Desailly dkk yang harus tampil tanpa jenderal di lapangan tengah, Zinedine Zidane.

Ketika itu, kondisi Zidane mirip dengan apa yang sekarang menimpa Vieira, sama-sama terbelit cedera otot paha. Meski pelatih tim saat itu Roger Lemerre, memaksanya tampil di partai terakhir penyisihan grup, Zidane tetap tak mampu mengangkat performa Les Bleus dan harus tunduk 0-2 di tangan Denmark. Prancis jadi tim pertama yang angkat koper.

“Adalah sulit untuk memobilisasi para pemain lainnya ketika seorang pemain (andalan) mengalami cedera. Di PD 2002, semua orang membicarakan fakta cedera paha yang membekap Zizou (Zidane),” tutur Domenech.

Tidak ada komentar: