Selasa, 17 Juni 2008

EURO 2008


2008-06-17 03:39:32
Jerman Hadapi Portugal di Perempat Final

Perjalanan Jerman di Euro 2008 belum terhenti. Jerman melangkah ke babak perempat final setelah dalam pertandingan terakhir Grup B menundukkan tuan rumah Austria lewat skor tipis 1-0 (0-0). Kemenangan di Ernst Happel Stadion, Selasa dinihari (WIB) ini, ditentukan lewat tendangan bebas brilian Michael Ballack.

Sepanjang babak pertama yang tidak terjadi gol, tempo permainan berjalan sedang-sedang saja. Di awal kick-off, Austria coba mengambil inisiatif serangan namun bisa ditangani Jerman yang pandai mengatur tempo.Menit kelima jerman bahkan memiliki peluang emas melalui Mario Gomez. Berdiri bebas di depan gawang menerima umpan Miroslav Klose, Gomez gagal mengkonversi jadi sebuah gol.

Michael Ballack dan Torsten Frings dominan di lini tengah, sementara Austria mengandalkan serangan melalui sayap. Sayang serangan monoton melalui crossing begitu mudah dipatahkan lini pertahanan lawan. Menit ke-23 tembakan spekulasi Podolski keras dan terarah namun mampu ditepis penjaga gawang Austria, Jurgen Macho. Lima menit sebelum turun minum kedua kesebelasan tanpa kedua pelatih di pinggir lapangan. Josef Hickersberger dan Joachim Loew diusir wasit asal Spanyol, Manuel Mejuto Gonzalez setelah beradu argumen di pinggir lapangan.

Di babak kedua Jerman tetap memegang ritme permainan. Gol yang memecah kebuntuan akhirnya datang empat menit selepas turun minum. Dari sebuah pelanggaran, Ballack tanpa ampun menghujamkan tembakan yang langsung merobek gawang Austria. Bola melesat kencang tanpa mampu dihentikan Macho. Skor 1-0, Jerman semakin dekat ke babak delapan besar.

Gol tersebut membuat Austria meningkatkan tempo permainan. Serangan dilancarkan namun tanpa skema dan arah yang jelas. Minimnya kreasi serangan membuat Christoph Metzelder dkk di barisan pertahanan Maanschaft mampu mengantisipasinya. Jerman justru makin percaya diri untuk memainkan ritme. Masuknya amunisi baru, Roman Kienast, tidak mengubah skor.

Jerman bahkan justru beberapa kali memberi ancaman pada gawang Macho. Salah satunya pebnetrasi Lahm yang sayangnya tendangan bek sayap kiri ini melebar di sisi kanan gawang. Peluang terbaik Austria datang pada menit ke-82 dan dicatat skipper Andreas Ivanschitz melalui terobosan ke dalam kotak penalti sampai akhirnya dimentahkan tackling Lahm. Oliver Neuville yang masuk di penghujung pertandingan membuang peluang bagus untuk menggandakan kedudukan.

Hasil tersebut membuat hambar apapun hasil pertandingan Polandia yang bertemu Kroasia. Jerman di yang mengumpulkan enam poin tidak mungkin dikejar di peringkat kedua. Di perempat final Jerman sudah ditunggu Portugal. Hasil ini merupakan pencapaian terbaik Jerman di Euro sejak menjuarainya di Inggris pada 1996.

Susunan pemain:
Austria: 21-Juergen Macho; 14-Gyorgy Garics, 3-Martin Stranzl (kk), 17-Martin Hiden (8-Christoph Leitgeb 55), 4-Emanuel Pogatetz; 6-Rene Aufhauser (19-Juergen Saumel 63), 10-Andreas Ivanschitz (kk), 5-Christian Fuchs, 20-Martin Harnik (18-Roman Kienast 67), 11-Umit Korkmaz; 22-Erwin Hoffer (kk).
Jerman: 1-Jens Lehmann; 3-Arne Friedrich, 17-Per Mertesacker, 21-Christoph Metzelder, 16-Philipp Lahm; 4-Clemens Fritz (18-Tim Borowski 90), 8-Torsten Frings, 13-Michael Ballack, 20-Lukas Podolski (10-Oliver Neuville 83); 9-Mario Gomez (15-Thomas Hitzlsperger 60), 11-Miroslav Klose.

Tidak ada komentar: