Rabu, 25 Juni 2008

Del Piero Pensiun Dari Gli Azzuri?

2008-06-23 11:55:07
Tepat di hari ulang tahunnya yang ke-37, 29 Oktober 2007 lalu, penjaga gawang Manchester United, Edwin van der Sar, memberi konfirmasi ia bakal gantung sepatu dari Timnas Belanda seusai berakhirnya pergelaran putaran final Euro 2008. Sayang, karir kiper berpostur 197 cm itu berakhir dengan cerita buruk. Secara mengejutkan, Tim Oranye kandas di tangan Rusia di babak perempat final.
Keputusan Edwin van der Sar itu pun terkesan menjadi tren bagi para pemain “uzur” lainnya. Paska-kekalahan menyakitkan yang diderita dari Timnas Italia yang sekaligus mengubur langkah Timnas Prancis di Euro 2008, duo veteran Les Bleus, Lilian Thuram dan Claude Makelele, memberi konfirmasi bakal meninggalkan panggung internasional.
Tampaknya langkah ketiga pemain di atas bakal diikuti striker Juventus yang bermain bersama Timnas Italia, Alessandro Del Piero. Tadi malam di Ernst Happel Stadium, Del Piero, 33 tahun, yang diplot allenatore Roberto Donadoni untuk menjadi eksekutor penalti kelima saat Italia melakoni adu penalti lawan Spanyol di babak perempat final. Sayangnya, eksekusi Antonio Di Natale yang menjadi algojo keempat berhasil diblok kiper Tim Matador, Iker Casillas. Spanyol pun unggul 4-2. Del Piero pun urung menunaikan kewajibannya.
“Kekecewaan dan rasa sakitnya sama saja. Adu penalti memang seperti lotere. Dua tahun lalu kami pernah sukses. Kali ini, kami gagal. Jadi, tidak beralasan menyalahkan (Daniele ) De Rossi atau (Antonio) Di Natale,” tegas Del Piero yang telah memperkuat Gli Azzurri dalam 89 pertandingan.
Ketika disinggung terkait kemungkinannya mengikuti jejak Van der Sar, Thuram, dan Makelele, tersirat Del Piero bakal melakukan hal serupa, yaitu mundur dari gelanggang internasional. Pasalnya, Del Piero tak yakin jika ia masih punya peluang untuk membela Gli Azzurri di putaran final Piala Dunia 2010 yang rencananya berlangsung di Afrika Selatan. “Masih jauh perjalanan yang harus dilalui menuju PD. Saya sendiri tetap berhasrat membela La Nazionale. Tapi, kita lihat saja apa yang akan terjadi dalam dua musim ke depan,” ujarnya.

Tidak ada komentar: