Jumat, 27 Juni 2008

Peluang Lehmann 'Pukul' Wenger

2008-06-27 12:35:33
Meskipun tampil kurang meyakinkan saat mengawal gawang Jerman di babak semifinal Euro 2008 lawan Turki di Jakob-Park Stadium, Basel, Swiss, Rabu (25/6) lalu, tampaknya Jens Lehmann bakal tetap dipercayai Joachim Loew untuk menjadi benteng terakhir saat Tim Panser bertanding di partai puncak menghadapi Spanyol di Ernst Happel Stadium, Wina, Austria, Minggu (29/6) lusa.
Kepercayaan Loew itu bakal digunakan Lehmann sebagai upaya pembuktian bahwa keputusan yang dibuat Arsene Wenger, manajer Arsenal, yang menolak menyodorkan kontrak baru alias perpanjangan kontraknya di Emirates Stadium adalah keliru. Karena itulah, setelah Euro 2008 usai, tepatnya 1 Juli nanti, Lehmann, kiper tertua di turnamen, bakal resmi berbalut seragam VfB Stuttgart, tim elite Bundesliga.
Meski bakal meninggalkan klub yang telah dibelanya sejak 25 Juli 2003 lalu, Lehmann mengaku tetap bangga saat ia menjadi salah satu wakil Arsenal di babak final Euro 2008. “Saya bangga bisa menjadi representatif Arsenal di babak final kejuaraan antarnegara di Eropa,” aku Lehmann seusai partai dramatis menghadapi skuad asuhan Fatih Terim.
Ketika disinggung tentang penampilannya di partai final sebagai upaya pembuktian kapabilitasnya di mata Wenger yang menolak memberinya perpanjangan kontrak selama setahun, Lehmann mengatakan, “Ya, kami pernah membicarakan soal tersebut (kontrak baru). Saya selalu mengatakan kepadanya (Wenger) bahwa saya selalu memikirkan hal tersebut,” ujar Lehmann seperti yang dikutip The Guardian.
Sejatinya, Lehmann begitu khawatir posisinya sebagai kiper utama Tim Panser terancam seiring dengan begitu minimnya kesempatan yang diberikan Wenger kepadanya untuk mengawal gawang The Gunners. Sepanjang musim lalu, Wenger lebih memilih kiper asal Spanyol, Manuel Almunia. Beruntung bagi Lehmann, Loew tetap memercayainya.
“Bagi saya, tampil di babak final sungguh berarti. Kesulitan yang saya hadapi di sepanjang musim lalu terletak di tangan manajer (Wenger). Sepanjang karir, saya merasa sangat beruntung. Setiap tim yang saya perkuat berhasil tampil di partai pamungkas turnamen di Eropa. Jadi, tentu saja, jika kali ini saya berharap dapat memenangkan pertandingan dan menggondol gelar juara,” ujarnya.
Lehmann menjadi pahlawan bagi Schalke04 dalam babak final UEFA Cup melawan Inter Milan. Ketika itu Lehmann menepis tendangan penalti Ivan Zamorano. Sayang di tahun-tahun berikutnya, nasib buruk menghampiri kiper kelahiran Essen berusia 38 tahun itu. Di final UEFA Cup 2002, Lehmann gagal mengantarkan kemenangan bagi Borussia Dortmund saat berhadapan dengan Feyenoord Rotterdam. Empat tahun kemudian, Lehmann harus keluar lapangan, diganjar kartu merah di laga final Liga Champions antara Arsenal vs Barcelona di Paris, Prancis. Di arena yang lebih bergengsi, Lehmann pun selalu kandas. Di partai puncak Piala Dunia 2002 Jerman takluk 0-2 di tangan Brasil, saat itu Lehmann hanya merupakan kiper cadangan timnas Jerman.

Tidak ada komentar: