Selasa, 17 Juni 2008

Mascot Euro 2008

Panitia Euro 2008 menetapkan dua bocah kembar yang piawai dan atraktif bermain bola sebagai mascot kejuaraan akbar empat tahunan ini. Namanya, Trix dan Flix. Maskot ini memang tidak ingin meniru tokoh sebelumnya atau mengambil pola binatang.

Dalam video SoundTrack di situs resmi Euro 2008, hasil garapan rumah produksi animasi Swedia, Kaktus, Trix dan Flix tampil enerjik. Dengan gaya free styler, keduanya kompak mengolah, menendang, menyundul bola dan berlari menelusuri pegunungan Austria dan Swiss. Bahkan, berdansa ala bintang reggae, Shaggy, di stadion yang dipenuhi suporter. Ekspresi kegembiraan mereka ini menunjukkan bahwa Euro 2008 merupakan ajang yang akan membawa kebahagiaan.

Karakter kedua bocah digambarkan berbeda. Trix dengan seragam putih tim Austria bernomor 20, sifatnya serius dan bisa mengontrol diri. Sedangkan Flix dengan seragam merah tim Swiss bernomor 08, bersifat periang dan kreatif.

Rambut mereka dijuluki Spiky Hair, menggambarkan pegunungan di Austria dan Swiss yang menjadi tuan rumah Euro 2008. Pegunungan di kedua negara itu memang terkenal indah.

Pencipta dua bocah kembar ini adalah Warner Brothers. Perusahaan dari Amerika Serikat, terkenal karena melahirkan tokoh kartun superhero seperti Batman dan Superman.

Trix dan Flix diperkenalkan secara resmi di Museumsquartier di Kota Vienna, Austria, 27 September 2006. Namun, kedua bocah ini belum punya nama. Sebelumnya ada tiga kandidat nama untuk dua mascot lucu ini; Zagi & Zigi, Flitz & Blitz, serta Trix & Flix. Panitia lalu melakukan voting. Proses voting dilakukan melalui situs www.euro2008.com dan dari seluruh restoran McDonald's di kedua negara atau bisa lewat jasa telepon, Telekom Austria.

Baru pada 10 Oktober 2006, nama maskot terpilih. Ada lebih dari 67.000 suara yang masuk. Trix dan Flix unggul tipis dengan 36,3 persen suara, diikuti nama maskot lain, Flitz dan Bitz (33,7 persen), dan Zagi dan Zigi (30 persen). Hasil pemungutan suara ini diumumkan di Kota Innsbruck, sehari sebelum pertandingan persahabatan antara kedua tuan rumah penyelenggara, Austria lawan Swiss, 11 Oktober 2006 di Stadion Ernst Happel, Austria.
Maskot-maskot Euro
1980-Italia-Pinnocio-Si Boneka Kayu
1984-Prancis-Peno-Si Ayam Jago
1988-Jerman-Bernie-Si Kelinci
1992-Swedia-The Yellow Rabbits-Si Kelinci Kuning
1996-Inggris-Goliath-Si Singa
2000-Belanda-Belgia-Benelucky-Si Setan Singa
2004-Portugal-Kinas-Si Bocah Kecil Ajaib
2008-Austria-Swiss-Trix dan Flix-Si Bocah Kembar

Tidak ada komentar: