Rabu, 25 Juni 2008

Mundur Sempat Mampir Dalam Benak Loew

2008-06-22 20:10:16
Pergelaran putaran final Euro 2008, edisi ke-13 sepanjang sejarah penyelenggaraan Piala Eropa, menyajikan sejumlah kejutan, termasuk di antaranya ketika Kroasia, tim kuda hitam, harus takluk di tangan Turki yang tidak diunggulkan dalam babak perempat final yang berlangsung di Ernst Happel Stadium, Wina, Jumat (20/6) lalu. Kekalahan yang sempat membuat pelatih Vatreni, Slaven Bilic, berniat angkat kaki dari timnas dan dunia sepak bola.


Sebelumnya, Kroasia-lah yang di babak penyisihan Grup B membuat kejutan dengan menundukkan tim elite Eropa, Jerman. Alhasil, Michael Ballack dkk dituntut wajib meraih poin saat berhadapan dengan co-host Austria di laga terakhir penyisihan grup.


Kekalahan dari Kroasia itu pun membuat pelatih Tim Panser, Joachim Loew, sempat mempunyai niat yang sama dengan Bilic: mundur dari timnas. “Terang saja, saya sempat kepikiran untuk (melakukan) hal itu (mundur dari timnas),” aku Loew seperti yang dikatakannya kepada harian Jerman, Welt am Sonntag. Namun, tambahnya, “Saya mencoba untuk mengambil sisi positif dan berusaha agar kekalahan itu tidak membuat saya patah arang”.


Setelah sempat ngos-ngosan menghadapi skuad asuhan Josef Hickersberger, akhirnya Jerman berhasil lolos dari penyisihan grup. Di babak perempat final, dengan penampilan yang solid, Ballack dkk berhasil melibas tim yang lebih diunggulkan, Portugal.


Di babak semifinal, Jerman bakal menghadapi tim “pembunuh raksasa”, Turki. Loew pun bersikap hati-hati menyikapi “kebandelan” anak-anak asuhan Fatih Terim tersebut. “Turki telah menunjukkan bahwa mereka adalah tim yang sangat sulit dihadapi. Selain sejumlah pemainnya berkualitas tinggi, kepercayaan diri dan sikap mental mereka luar biasa,” puji Loew.

Tidak ada komentar: