Rabu, 11 Juni 2008

EURO 2008

Scolari: Nistelrooy "King of Off-side"

Piala Eropa 2008 menghadirkan nama baru bagi Ruud Van Nistelrooy, yang diberikan oleh Luiz Felipe Scolari. Karena gol kontroversialnya ketika Belanda menggasak Italia 3-0, Senin (9/6) malam atau Selasa (10/6) dinihari WIB, striker Real Madrid itu mendapat julukan "King of Off-side".

Van Nistelrooy mengawali pesta kemenangan Belanda atas Azzurri. Dia dengan sempurna membelokkan arah bola tendangan keras Giovanni Van Bronckhorst ke dalam jala gawang Italia yang dikawal Gianluigi Buffon.

Gol tersebut mendapat reaksi keras dari kubu Italia. Mereka menilai, Van Nistelrooy berada di dalam posisi off-side ketika mencetak gol tersebut. Tetapi wasit tak bergeming karena hakim garis memberikan isyarat gol itu sah.

Keputusan ofisial pertandingan mendapat dukungan penuh dari UEFA. Pasalnya, di dalam peraturan badan tertinggi sepakbola Eropa tersebut, pemain yang berada di luar lapangan tanpa terlebih dulu memberitahu wasit dinyatakan tetap menjadi bagian dari permainan.

Berpatok pada peraturan itulah maka gol Van Nistelrooy sah. Karena pada gol menyakitkan itu tercipta, Christian Panucci tergeletak di luar lapangan.

Meskipun demikian, Scolari tak setuju. Pelatih asal Brasil yang kini membesut tim nasional Portugal tersebut menegaskan bahwa gol Van Nistelrooy tak dibolehkan dan sang pemain adalah raja off-side.

"Dia adalah raja off-side dan pemain terbaik di dunia untuk urusan menerobos jebakan off-side yang dibuat musuh. Tetapi, saya tidak setuju jika gol itu dinyatakan sah. Gol itu seharusnya tak dibolehkan," ungkap Scolari di base Portugal, Selasa (10/6).

Tidak ada komentar: