Rabu, 11 Juni 2008

EURO 2008

Swedia Jungkalkan Yunani 2-0

Swedia membuka peluang lolos ke perempatfinal Piala Eropa 2008 setelah mengalahkan juara bertahan Yunani 2-0. Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Salzburg Wals-Siezenheim, Austria, Selasa waktu setempat atau Rabu WIB itu, gol Swedia dicetak Zlatan Ibrahimovic di menit ke-67 dan Petter Hansson di menit ke-72.Untuk sementara Swedia menempati posisi kedua di Grup D dengan nilai tiga, di bawah Spanyol yang memiliki selisih gol lebih baik. Swedia tinggal membutuhkan satu kemenangan agar lolos. Pertandingan berikutnya, Swedia akan menghadapi Spanyol dan Rusia.

Swedia pantas berterima kasih kepada Zlatan Ibrahimovic. Penampilan Ibrahimovic sepanjang pertandingan memang tidak istimewa seperti yang diperlihatkannya ketika bermain di Inter Milan. Tapi, Ibra adalah tetap seorang bintang yang mampu mencetak gol lewat posisi sulit. Lewat kerja sama satu dua dengan Henrik Larsson, dengan tendang keras Ibra menghujamkan bola ke gawang Antonios Nikopolidis. Gol ini ala Ibrahimovic yang membuatnya dijuluki "Ibrakadabra".

Setelah gol ini, Swedia tampil lebih cerdik dengan menurunkan tempo permainan. Yunani yang terpancing untuk keluar menyerang akhirnya kembali kebobolan lewat gol Petter Hansson. Gol ini bermula dari gerakan Fredrik Ljungberg yang menerobos masuk ke jantung pertahanan Yunani. Tendangannya masih bisa ditahan Nikopolidis, disambar Johan Elmander yang membuat kemelut di depan Yunani. Hansson yang muncul dari belakang terlibat perebutan bola dengan pemain Yunani sebelum mencetak gol.

Yunani mencoba menaikkan tempo permainan guna mengejar ketinggalan, namun Swedia sudah bisa mengantisipasinya dengan menumpuk pemain di jantung pertahanan. Upaya Rehhagel memasukkan Ioannis Amanatidis menggantikan bek Traianos Dellas tidak membuahkan hasil.

Dengan kekalahan ini, posisi juara bertahan Yunani di ujung tanduk. Jika mereka kalah melawan Rusia dalam pertandingan maka tamatlah perjuangan Angelos Charisteas untuk mempertahankan gelar.

YUNANI (4-4-2)
Antonios Nikopolidis;Giourkas Seitaridis;Sotirios Kyrgiakos;Paraskevas Antzas;Traianos Dellas (Ioannis Amanatidis);Vassilios Torosidis;Angelos Charisteas;Angelos Basinas;Kostantinos Katsouranis;Giorgios Karagounis; Theofanis Gekas (Georgios Samaras)

SWEDIA (4-1-3-2)
Andreas Isaksson;Niclas Alexandersson;Olof Mellberg;Petter Hansson;Mikael Nilsson;Anders Svensson (Fredrik Stoor);Christian Wilhelmsson (Markus Rosenberg);Daniel Andersson;Fredrik Ljungberg;Zlatan Ibrahimovic (Johan Elmander);Henrik Larsson

Tidak ada komentar: