Rabu, 11 Juni 2008

EURO 2008

van Basten Dambakan Gelar Juara

Setelah berhasil menyikat musuh bebuyutannya Italia dengan keunggulan tiga gol tanpa balas, impian pelatih Belanda Marco van Basten untuk merengkuh trofi EURO 2008 kian menghidupkan kans tim asuhannya tersebut tahun ini.

Kemenangan Belanda atas Italia ini merupakan untuk pertama kali dalam tiga dekade terakhir dan kekalahan Italia tersebut merupakan prestasi terburuk dalam 25 tahun terakhir, sehingga membuat Oranye memimpin klasemen sementara Grup C.

Bagi Van Basten kemenangan ini bukanlah saja modal penting, melainkan juga membangkitkan semangat Wesley Sneijder dkk. untuk menghadapi partai selanjutnya.

"Untuk mengalahkan sang juara dunia hingga menit-menit akhir tentu sangat menyenangkan dan juga partai kedua tim ini merupakan sejarah bagi kami," bangga Van Basten. "Kami tidak pernah mengalahkan Italia hingga selisih tiga gol seperti ini.

"Apabila anda memiliki pikiran kami tanpa pemain kunci seperti Arjen Robben dan Ryan Babel, pemain-pemain lainnya dapat bermain lebih apik. Mereka layaknya petarung sejati dan apabila mental permainan tetap seperti itu, maka lolos dari babak grup kemudian mewujudkan impian tentu sangat menyenangkan."

Ketiga gol Belanda dihasilkan oleh striker Real Madrid Ruud van Nistelrooy dan Wesley Sneijder, sementara satu lainnya dihasilkan oleh Giovanni van Bronckhorst.

Sementara itu pelatih Italia Roberto Donadoni mengutarakan kekecewaannya atas pencapaian anak-anak asuhannya tersebut.

"Pertandingan ini sangat buruk bagi kami, terlebih ini awal langkah kami di pentas Eropa. Namun hasil ini sudah menjadi sejarah dan kami akan mengubur mimpi buruk ini," keluh Donadoni.

Tidak ada komentar: