Kamis, 03 Juli 2008

Turki Perpanjang Kontrak Terim

2008-07-01 21:50:08
Gelaran Euro 2008 telah berakhir, dengan Spanyol berdiri kokoh sebagai juaranya. Namun, ada satu tim yang mampu mencuri begitu banyak perhatian publik penikmat sepakbola, Turki. Tak heran jika Ay-Yıldızlılar 2008 akan dikenang sebagai tim dengan semangat bertanding luar biasa. Tiga kali mereka berada di ambang kekalahan, namun Turki selalu mampu membalikkan keadaan.
Di balik performa kesetanan Turki tersebut, terdapat tangan dingin pelatih mereka, Fatih Terim. Racikan pelatih berusia 54 tahun ini memang terbukti ampuh. Kondisi Timnas Turki yang compang –camping sejak awal turnamen, tidak menghambat Terim dalam memaksimalkan skuad yang ada. Bukti tersaji, Turki yang sama sekali bukan unggulan, berhasil melaju sampai semifinal sebelum ditaklukkan dengan susah payah oleh Jerman.
Pasca kegagalan mereka melangkah ke final, Terim menyatakan kalau dirinya kini sedang bersiap-siap menanggalkan jabatan sebagai pelatih Turki. Bahkan, ia mengaku kalau telah mengucapkan selamat tinggal pada para pemain. Selanjutnya, Terim membidik klub-klub Eropa di luar Turki sebagai lahan barunya.
Namun, apa yang direncanakan tidak selalu sesuai kenyataan. Hal inilah yang terjadi pada Terim. Niatnya untuk meninggalkan Nihat Kahveci dkk tidak berjalan lancar. Ia tak kuasa untuk menolak perpanjangan yang disodorkan Federasi Sepakbola Turki (TFF). Hal ini diungkapkan oleh Presiden TFF, Hasan Dogan, pada Selasa (01/07) ini. “Ia (Terim) menerima proposal kami, berterima kasih karena masih dipercaya, serta berkata bahwa ia bahagia menjadi pelatih timnas,” tutur Dogan seperti dilansir situs resmi TFF.
Terim menyetujui untuk memperpanjang kontraknya sampai dua tahun lagi, 2010. Ini berarti Terim mendapat tanggung jawab yang sangat berat, meloloskan Turki ke Piala Dunia 2010. Semakin berat, sebab mereka bergabung dengan kampiun Euro, Spanyol, di Grup 5. Selain Spanyol, Belgia pun akan menjadi rival berat Turki dalam merebut tiket ke Afrika Selatan.

Tidak ada komentar: