Kamis, 03 Juli 2008

Iker Casillas dkk Disambut Meriah

2008-07-01 04:23:39
Ratusan ribu atau ditaksir sekitar setengah juta fans berteriak histeris menyambut keberhasilan Timnas Spanyol menjuarai Euro 2008. Iker Casillas dkk dieleu-elukan bak pahlawan yang pulang menang perang di atas bis terbuka di ibukota Spanyol, Madrid, Senin (30/06) waktu setempat. Kegembiraan luar biasa pertama dalam kurun waktu 44 tahun.
Sehari setelah mengalahkan Jerman 1-0 di Wina, Austria, Luis Aragones dan para pemainnya mendapat sambutan luar biasa. Yel-yel diteriakkan oleh kerumunan massa yang didominasi atribut berwarna merah dan kuning—bendera nasional Spanyol. Parade kemenangan itu juga dimeriahkan oleh formasi tujuh jet tempur yang melakukan berbagai akrobatik dan melepaskan asap kuning dan merah.
Parade melalui Paseo de la Castellana, jalan arteri utama di Madrid, dan selebrasi dipusatkan di Plaza de Colon. Para pemain berjingkrak di panggung yang diikuti fans di areal yang sebelumnya digunakan untuk acara nonton bareng di layar raksasa. Mereka menyanyikan ‘lagu wajib’ “We are the Champions” dan kemudian “Que Viva Espana!”. Untuk selanjutnya Xavi Hernandez dkk rencananya disambut oleh Perdana Menteri Spanyol, Jose Luis Rodriguez Zapatero di kantornya, Palacio de la Moncloa (Moncloa Palace).
Pada momen kemenangan di final, sebanyak 65 ribu fans memadati Plaza Colon. Kepastian memperoleh gelar juara untuk kadua kalinya, fans berpesta dan sampai terjadi pengrusakan. Seperti disitir AFP, polisi menangkap 52 perusuh atas tindakan vandalisme dan pengrusakan sarana publik. Sayangnya selebrasi itu sampai memakan korban jiwa. Seorang pria berbalut bendera Spanyol tewas mengenaskan dengan luka parah di bagian kepala yang diperkirakan karena terjatuh akibat mabuk.
Sambutan juga disuarakan oleh berbagai media massa Spanyol. Harian terlaris Spanyol, El Pais dalam tajuk utamanya menulis: “Spanyol menggila!”. Surat kabar Catalan, Publico, merilis judul headline: “Akhirnya!”. Sedangkan harian Catalan lainnya, El Mundo Deportivo sampai menulis headline yang memakan dua halaman yang berbunyi, “Timnas Spanyol menguasai Eropa dan membuka era baru dalam persepakbolan Spanyol”. Harian olahraga AS menyanjung: “Tim terbaik memenangi turnamen dan dengan gaya permainan sepakbola tercantik dari tim manapun”.
La Furia Roja pertama kali merebut trofi sepakbola terelite di Eropa yakni pada penyelenggaraan tahun 1964. Kemenangan yang dikukuhkan dengan mengalahkan Uni Soviet di partai final itu merupakan satu-satunya gelar terhormat sepakbola yang dimiliki Spanyol. Kemenangan tahun ini terasa lebih manis karena Euro 1964 diadakan di negara sendiri. Kegembiraan Spanyol juga semakin lengkap dengan ditunjuknya Xavi Hernandez sebagai Pemain Terbaik Euro 2008.

Tidak ada komentar: